Izid Muttaqin

Kamis, 18 Februari 2010

Membuat situs iklan baris

1 hal yang paling mudah dilakukan oleh orang – atau perusahaan – untuk memasarkan sesuatu adalah dengan beriklan. Dengan beriklan, produk atau informasi yang dimiliki akan mudah diketahui dan dikenal oleh publik.
Kalau dulu (sampai sekarang juga, sih) media iklan kebanyakan didominasi oleh media cetak dan elektronik (TV, Radio), tapi sekarang dengan tingkat intensitas pengguna yang tinggi, internet juga sudah menjadi lahan yang dilirik untuk beriklan.
Dan dari dulu sampai sekarang, pasar iklan yang paling banyak peminatnya adalah IKLAN BARIS. Kenapa? Karena iklan baris cenderung lebih murah, dan pembaca biasanya akan cenderung mencari informasi di iklan baris secara intens, daripada melihat-lihat iklan-iklan bergambar.
Nah, sekarang bagaimana caranya bikin situs iklan baris?
Ternyata bikin situs iklan baris itu ndak susah-susah juga. Banyak content management system CMS yang bisa kita pakai untuk membangun situs iklan baris yang komplit. WordPress pun, yang selama ini dikenal sebagai platform blogging, juga bisa kita sulap menjadi situs iklan baris dengan kemampuan yang hebat.
Untuk mulai membuat situs iklan baris, pertama tentukan konsep terbaik untuk iklan barismu:
Konsep dasar yang biasanya harus dipikirkan, adalah situs ini memiliki sistem membership atau tidak. Orang-orang dapat memasang iklan secara gratis, atau harus membayar? Pertimbangannya, biasanya kalau layanan ini diberikan secara gratis, akan banyak peminatnya dibanding jika harus dipungut bayaran. Kecuali, jika situs kita sudah dikenal secara luas, dengan pengunjung yang luar biasa banyaknya setiap hari, walau pun dipungut bayaran, orang-orang akan tetap tertarik untuk memasang iklan di situs iklan baris ini.

Kebutuhan:

  1. Web hosting. Pilihlah web hosting dengan layanan yang baik, seperti layanan online support, phone support, dan lain-lain. Juga pertimbangkan apakah provider web hosting yang kita gunakan memberikan garansi layanan atau tidak. Sebaiknya gunakan layanan webhosting yang menyediakan fasilitas unlimited domain, space, dan transfer. Karena bukan ndak mungkin website Anda nantinya akan menjadi besar, dengan traffic yang tinggi. BlueHost adalah salah satu provider webhosting yang saya rekomendasikan untuk membuat situs ini. Namun jika situs ini kelak akan menjadi situs dengan traffic yang sangat tinggi, saya merekomendasikan Site5 sebagai layanan hosting yang harus Anda pilih.
  2. Nama domain. Nama domain adalah alamat akses yang akan digunakan untuk memperkenalkan situs iklan baris ini kepada orang lain. Untuk menentukan nama domain, sebaiknya pilih nama domain yang mudah disebut, mudah diketik, dan mudah diingat.
  3. Content Management System. Adalah sistem yang akan diinstall ke dalam web hosting, dan digunakan untuk mengelola situs iklan baris ini.

Pilihan CMS yang dapat digunakan untuk membuat situs iklan baris:

  1. Noah’s Classified System. CMS khusus untuk membuat situs iklan baris. Terdapat lisensi berbayar dan gratis (lite Version).
  2. Joomla! + Ads Manager. Ads Manager adalah Joomla! component yang dapat ditambahkan ke dalam sistem Joomla!
  3. WordPress + Another Wordpress Classifieds Plugin (AWPCP). Blogging platform seperti WordPress juga dapat digunakan untuk membuat situs iklan baris. Dengan menambahkan plugin AWPCP, kita dapat memiliki situs iklan baris sendiri, atau menjadikannya bagian yang tergabung dengan sistem blog yang kita miliki.
  4. WordPress + ClassiPress. ClassiPress adalah WordPress theme dan sistem yang didesain khusus untuk membuat dan mengelola situs iklan baris. Terdapat pilihan iklan gratis atau berbayar, terdapat juga pilihan input harga. Juga sistem membership yang lengkap, dengan tingkat level member yang berbeda-beda. Klik di sini untuk melihat ClassiPress dan demo websitenya.

Comments :

0 komentar to “ ”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Izid Muttaqin